FW Tools…. Perpustakaan Data Spasial

Bagi anda2 yang bergelut dengan ilmu2 kebumian, tentunya anda sering menggunakan citra penginderaan jauh sebagai salah satu sumber data spasial dan GIS sebagai alat analisis data. Dengan semakin berkembanganya teknologi dan juga industrialisasi RS/GIS, saat ini telah bermunculan berbagai macam software RS/GIS dengan berbagai macam format data spasial. Jumlah format data spasial yang ada saat ini konon katanya mencapai ratusan. Dalam berbagai pekerjaan, saya (dan juga anda mungkin) pernah dan sering dipusingkan dengan masalah konversi data spasial, terutama jika anda memerlukan lintas software untuk menyelesaikan pekerjaan anda, atau anada mempunyai data yang formatnya tidak didukung software yang anda gunakan. Untuk itu, anda akan sangat merasakan sekali kegunaan spatial data translator/library. Spatial data translator adalah software RS/GIS yang didesain terutama nutuk keperluan konversi data spasial. Sejauh yang saya ketahui, ada dua software spatial data translator yang banyak digunakan. Yang pertama adalah SAFE FME dari Safe software (www.safe.com). FME dapat mensupport lebih dari 200 format data (raster dan vektor). walaupun kemampuannya sangat handal , FME termasuk dalam kategori shareware, sehingga anda harus membeli lisensinya untuk dapat menggunakan secara permanen dan tanpa limitasi. Software yang kedua adalah FWTools. Berbeda dengan FME, FWTools termasuk dalam kategori freeware/open source, sehingga anda dapat menggunakannya secara cuma2. FWTools dibuat oleh Frank Warmerdam dengan menggunakan bahasa Phyton. FWTools versi terbaru (2.2.1) dapat didowload dari situs http://www.fwtools.maptools.org . Bagi anda2 yang sering menggunakan GDAL untuk konversi data, ada baiknya anda mencoba FwTools ini karen software ini termasuk salah satu yang mengimplementasikan GDAL paling sempurna dengan GUI yang mudah dipahami.

GUI GDAL Export/Import Tool pada FWTools

Bagi saya pribadi, FWTools ini merupakan dewa penyelamat, karena saya termasuk fans berat ILWIS. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, ILWIS versi terbaru (3.4 Open source) tidak lagi mengimplementasikan PCI geogateway dalam modul import/exportnya, implementasi GDAL pun kurang sempurna, sehingga modul import/export ILWIS 3.4 terdegradasi cukup parah jika dibandingkan versi sebelumnya (3.3 Academic). Adanya FWTools ini menyelamatkan saya karena software ini dapat melakukan import/export dari format ILWIS 2.x dan 3.x ke format lain, bahkan yang tidak didukung oleh versi 3.3. Academic seperti JP2, ESRI GRID, ERDAS IMAGINE, dll.

FWTools = Cool.

Thanks, respect and salute to Mr Frank Warmerdam and all RS/GIS Software engineer/developer for their incredible works, so my spatial analysis can be done without having problem with legality

5 thoughts on “FW Tools…. Perpustakaan Data Spasial

  1. lisa says:

    thanks for sharing🙂

  2. lisa says:

    mas, yang http://www.fwtools.maptools.org ko ga bisa dibuka yah….😦

  3. pixelcooker says:

    mungkin lagi down mbak

  4. pixelcooker says:

    kalo emang ga bisa, mail me, i ll send the softwre for you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s